Romie Ziatul Fadlan

Bekerja untuk dunia, Beramal demi akhirat

Meniscayakan Sebuah Harapan

Oleh : rHoMie_zF *)

Setiap manusia memiliki harapan tersendiri bagi kehidupannya, begitu pula dengan Saya dan Anda. Harapan timbul karena kebutuhan dan keinginan seseorang terhadap sesuatu.

Bagaimanakah meniscayakan sebuah harapan? Ini merupakan pertanyaan substantif yang terus menggelayuti pikiran Saya, sehingga saya coba untuk menuangkannya ke dalam rangkaian kata-kata dalam tulisan ini

Sejauh yang Saya ketahui, harapan adalah gap yang terjadi antara keinginan dan realitas. Akan tetapi, tidak bisa juga diartikan bahwa harapan hanya sekedar keinginan. Lebih dari itu, harapan adalah penantian dari sebuah usaha panjang yang telah di kerjakan untuk mencapai keinginan-keinginan tertentu.
Artinya bahwa untuk merealisasikan suatu keinginan, maka adalah suatu keharusan utk mengusahakannya. Ketika sebuah usaha telah dilakukan, maka hasil dari usaha tersebutlah yang menjadi manifestasi dari harapan Kita.

Selama ini terjadi miskonsepsi terhadap kata HARAPAN. Kebanyakan orang mengatakan bahwa harapan adalah apa yang kita inginkan untuk terjadi di masa depan. Jika demikian yang kita pahami selama ini, lalu apa bedanya HARAPAN dan ANGAN-ANGAN yang tak bertepi.

Sebagaimana yang Saya sebutkan sebelumnya, harapan itu akan muncul setelah ada usaha yang kita lakukan. Dan angan-angan atau cita-cita kitalah yang menjadi motivator untuk melakukan sebuah usaha yang akhirnya memunculkan harapan tersebut.

Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa harapan adalah PENANTIAN, Penantian terhadap hasil dari usaha kita, sebagaimana petani menanti panen setelah ia menebar benih. nelayan setelah ia merentangkan jala dan pelajar setelah ia belajar dengan giat dan tekun.

Penantian seperti inilah yang dinamakan HARAPAN.
Lalu, Bagaimana Cara untuk meniscayakan harapan-harapan kita..?. Harapan yang kita nantikan pasti akan terjadi, jika usaha yang kita lakukan telah optimal dan kita yakini keterwujudannya. Artinya meniscayakan sebuah harapan harus di awali dengan usaha yang optimal dan keyakinan akan keberhasilan usaha tersebut.
Inilah kuncinya.

Optimalkan kerja dan Usaha Kita..!
Yakini Keberhasilannya..!

Maka, Niscaya Harapan akan berjalan dengan langkah yang pasti, bergerak menjemput Kita..!

*) Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Mulawarman, Samarinda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 14 Februari 2009 by in Tentang CiviL and tagged .

My Instagram

three of us... there always been a hope at the end of the aisle....

Romie Ziatul Fadlan

Bekerja untuk dunia, Beramal demi akhirat

My Tweet @romie_zf

Mutiara Islam

Sesungguhnya Allah S.w.t mencintai orang-orang yang berjuang di jalan-Nya dalam sebuah barisan (yang teratur), bagai sebuah bangunan yang kokoh. (Q.S. As-Shaff : 04)

Mutiara Kata

Kebaikan yang tersusun secara teratur dan sistematis akan mampu mengalahkan kejahatan sebesar apapun meskipun di atur secara sistematis pula (Imam Ali bin Abi Thalib R.A)
%d blogger menyukai ini: